Frequently Asked Questions

Informasi Seputar Indotrading dan berbagai fiturnya

Indotrading.com merupakan direktori bisnis yang mempertemukan penjual dan pembeli dalam skala B2B (Business to Business). Indotrading.com fokus pada pengembangan dan peningkatan omzet UKM di Indonesia melalui berbagai layanan integrated digital marketing. Dengan bergabung di Indotrading.com sebagai penjual atau pembeli, Anda akan mendapatkan kemudahan dalam menjual atau mencari barang untuk kebutuhan bisnis maupun perusahaan. Indotrading.com mempunyai fitur RFQ (Request for Quotation) atau Tender Online yang mempermudah pembeli untuk mencari barang.

Tidak. Indotrading.com adalah direktori bisnis yang berfungsi sebagai media online yang mempertemukan penjual dan pembeli dalam sekala B2B atau Business to Business. Seluruh transaksi mulai dari pemesanan hingga pemesanan barang/jasa dilakukan hanya oleh dua pihak, yaitu penjual dengan pembeli secara langsung. Jadi, Indotrading tidak menjual barang dan jasa secara langsung kepada pembeli.

Gold Member adalah salah satu tipe keanggotaan berbayar di Indotrading.com. Dengan menjadi Gold Member, Anda akan mendapatkan fitur-fitur prioritas sebagai penjual. Dapatkan fasilitas eksklusif, antara lain: domain pilihan untuk perusahaan, desain website eksklusif yang mobile friendly, fitur e-commerce, e-mail profesional untuk perusahaan, laporan statistik pengunjung yang lengkap, prioritas untuk tender online, serta konsultasi dan pelatihan dari tim Indotrading.com.

Gold Member merupakan anggota berbayar di Indotrading.com yang berhak mendapatkan fasilitas/fitur yang lebih lengkap dan eksklusif dibanding dengan Free Member. Free Member adalah tipe keanggotaan yang tidak berbayar (gratis) dimana penjual masih bisa menampilkan produknya, namun tidak mendapatkan semua fitur eksklusif indotrading.com.

SEO (Search Engine Optimization) adalah metode optimasi situs dengan kata kunci tertentu untuk menaikkan peringkat hasil pencarian situs melalui mesin pencari secara organik. SEO membutuhkan waktu untuk bisa bekerja secara optimal. Dengan melakukan optimasi kata kunci yang ditargetkan, jumlah pengunjung website atau calon pembeli berpotensi semakin meningkat.

Google Adwords merupakan Search Engine Marketing (SEM) atau layanan iklan Google berbayar yang digunakan untuk menampilkan website secara instan sesuai kata kunci yang ditargetkan. Google Adwords merupakan performance base advertising dimana biaya yang dikeluarkan akan berbanding lurus dengan jumlah kunjungan pada website Anda.

Halaman hasil pencarian di Google terbagi menjadi 2 bagian, yaitu hasil pencarian secara organik dan hasil pencarian Google Adwords yang ditandai dengan adanya logo bertuliskan "Ads". Hasil pencarian organik akan muncul secara alami dari optimasi yang dilakukan terhadap kata kunci yang ditargetkan. Sementara itu, hasil pencarian Adwords akan muncul dari kata kunci yang diiklankan di Google Adwords. SEO membutuhkan waktu lebih lama untuk menaikkan peringkat situs pada halaman pertama hasil pencarian Google. Google Adwords adalah iklan melalui Google yang dapat menampilkan situs Anda secara instan, namun berbayar di halaman pertama hasil pencarian Google.

Indotrading.com tidak menjual atau menyediakan jasa secara langsung ke pembeli. Transaksi pemesanan barang/jasa di Indotrading.com dilakukan secara langsung dengan penjual barang/penyedia jasa. Pembeli dapat melihat produk/jasa yang diiklankan oleh penjual di Indotrading.com kemudian menghubungi penjual yang tepat untuk melakukan transaksi. Pembeli disarankan untuk melakukan transaksi dengan penjual Gold Member yang sudah diverifikasi secara lengkap melalui email, telepon, dokumen, dan lokasi penjual.

Anda dapat mendaftarkan diri dan perusahaan Anda di Indotrading.com dengan cara yang sangat mudah, yaitu pilih menu “Daftar Gratis/Masuk” pada halaman utama Indotrading.com kemudian isilah data-data yang diminta secara lengkap. Anda juga dapat mendaftar menggunakan akun Facebook atau Google+ . Setelah mendaftarkan diri, Anda akan mendapatkan email untuk verifikasi. Selain verifikasi oleh member, tim kami juga akan melakukan verifikasi nomor handphone. Jika tahap verifikasi ini sudah selesai, Anda dapat mendaftarkan perusahaan kemudian tim support kami akan melakukan verifikasi data perusahaan. Proses multiple layer verification ini dilakukan untuk menjaga keamanan bertransaksi di Indotrading.com.

Sebagai pemilik usaha, Anda memerlukan strategi Integrated Digital Marketing untuk memaksimalkan omzet perusahaan. Menjadi Gold Member di Indotrading.com merupakan langkah awal memasuki dunia digital karena nantinya Anda juga akan mendapatkan sebuah website perusahaan. Untuk mendapatkan respon dan hasil yang cepat, Anda perlu menggunakan jasa Google Adwords sehingga website Anda dapat tampil di halaman pertama Google secara instan. Untuk jangka panjang, Anda harus menggunakan SEO sehingga website Anda dapat naik peringkatnya di hasil pencarian organik Google.

Permintaan Beli atau RFQ (Request for Quotation) adalah fitur tender online di Indotrading.com. Fitur ini dapat digunakan oleh pembeli yang mencari kebutuhan barang/jasa dengan spesifikasi dan kuantitas tertentu. Setelah diverifikasi, daftar kebutuhan barang/jasa tersebut akan ditampilkan di halaman “Permintaan Beli” Indotrading.com. Permintaan Beli ini akan diprioritaskan untuk diinformasikan ke seluruh Gold Member sesuai dengan kategori produk sehingga penjual dapat membuat penawarannya melalui Indotrading. Tim Indotrading juga akan membantu pembeli menemukan kebutuhan barang/jasa yang dicari dengan cara menghubungi penjual barang yang dibutuhkan.

Sebelum membuat Permintaan Beli di Indotrading.com, pastikan sudah memiliki akun user yang aktif di Indotrading.com. Pilih opsi “Buat Permintaan Beli” kemudian isi informasi yang detail mengenai barang/jasa yang dibutuhkan. Setelah itu, Permintaan Beli akan segera diproses dan tim kami akan mencarikan penawaran terbaik untuk Anda.

Setiap penjual yang mendaftar di Indotrading.com harus berbentuk perusahaan, bukan usaha perorangan. Indotrading.com akan melakukan verifikasi jenis usaha, lokasi, dan kelengkapan izin usaha untuk memastikan penjual merupakan perusahaan, bukan perseorangan serta untuk memastikan keamanan transaksi jual beli.

Indotrading dipilih langsung oleh Google untuk menjadi Premium Partner Google untuk UKM. Tim kami terdiri dari ahli-ahli terbaik yang dilatih dan disertifikasi langsung oleh Google. Untuk mengelola iklan Google Adwords, diperlukan teknik dan strategi yang tepat agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal sesuai budget. Menggunakan strategi yang salah hanya akan mengakibatkan habisnya budget Anda tanpa hasil yang signifikan. Dengan menggunakan jasa Indotrading, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan uang untuk menjalankan iklan Google Adwords. Biarkan kami yang menjalankan iklan Google Adwords dengan teknik dan strategi terbaik sehingga Anda dapat fokus menjalankan bisnis.