Alat Ukur Radiasi

MINTA PENAWARAN DARI RATUSAN SUPPLIER Alat Ukur Radiasi

Anda ingin membeli Alat Ukur Radiasi?

1. Segera kirim permintaan beli Anda

2. Bandingkan beberapa penawaran dari supplier terpercaya kami

3. Dapatkan penawaran terbaik langsung ke email Anda

Minta Penawaran
Mudah dan Terpercaya
Hemat Waktu
Hemat Biaya
APAKAH ANDA SUPPLIER Alat Ukur Radiasi?

Apakah Anda Ingin Menampilkan Produk dari Perusahaan Anda Sendiri?

Tampilkan Produk dan Tingkatkan Omset Anda sekarang!

MULAI BERJUALAN


Alat ukur radiasi atau yang disebut juga dengan piranometer adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur radiasi sinar matahari. Kehadiran piranometer merupakan sebuah inovasi dalam industri test and measurement dimana alat ini dapat mengukur besarnya pengaruh radiasi pada permukaan bidang dengan satuan W/m2. Perangkat ini dirancang khusus untuk membantu penelitian meteorolohi, energi surya, dan aplikasi ilmiah lainnya, Tak heran jika Anda kerap kali melihat alat ini dipasang di atap stasiun metereologi yang berada persis di sebelah panel surya.

|

Pemanfaatan Piranometer

Piranometer banyak digunakan dalam bidang meteorologi dan klimatologi. Alat ini bisa ditemukan di berbagai stasiun pemantau cuaca, umumnya dipasang di samping panel fotovoltaik sebagai pembanding.

Cara Kerja Piranometer

  1. Radiasi sinar matahari yang datang secara langsung maupun yang dipancarkan atmosfir (radiasi solar global) dan yang dihamburkan langit akan menembus glass dome.
  2. Radiasi dengan panjang gelombang sampai dengan 3.0 microns akan diteruskan ke lempeng logam hitam dan putih.
  3. Lempeng logam hitam akan mengabsorbsi panas radiasi sementara lempeng putih akan memantulkan radiasi sehingga terjadi perbedaan temperatur diantara kedua jenis lempeng logam ini.
  4. Perbedaan temperatur dari kedua lempeng ini dihubungkan ke circuit thermojunctions yang mengubah besaran panas menjadi perbedaan tegangan potensial diantara kedua ujung lempeng.